TIPS and TRIK

Just another WordPress.com weblog

JANGANLAH BERSEDIH KARENA KESULITAN

Posted by idho pada Maret 5, 2007

Sesungguhnya kesulitan yang anda alami akan memperkuat hati, menghapus dosa, mematahkan keangkuhan dan menghancurkan kesombongan yang ada dalam diri. Kesulitan dapat menghapuskan kelalaian, menyalakan semangat untuk selalu ingat kepada Tuhan, mengundang rasa belas kasihan orang lain dan membuat kita beroleh do’a dari orang-orang sholeh. Kesulitan akan membuat yang bersangkutan bertambah tunduk pada kekuasaan Tuhan dan berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Esa lagi Maha Mengalahkan. Kesulitan tak ubahnya seperti larangan yang baru datang dan peringatan dini untuk meghidupkan kesadaran ingatan, menghias diri dengan kesabaran, memohon pahala atas kesengsaraan yang di alami, mempersiapkan diri untuk menghadap Tuhan serta mengenyahkan kecendrungan pada duniawi, puas dan merasa tenang dengannya. Di balik kesulitan tersembunyi kelembutan yang sangat besar dari Allah, pemaafan yang lebih besar terhadap dosa, dan ampunan yang lebih banyak terhadap kesalahan yang telah di lakukan.

RENUNGAN

Janganlah bersedih, karena kesedihan dapat melemahkan anda untuk melakukan ibadah, megendurkan semangat jihad anda, serta dapat membuat anda frustasi, berburuk sangka, dan terjerumus dalam sikap pesimistis.

Jangan bersedih, karena sesungguhnya kesedihan dan kegelisahan adalah biang penyakit kejiwaan, sumber penyakit syaraf, dan peyebab timbulnya frustasi, rasa was-was dan keguncangan.

Jangan bersedih, anda memiliki Al-Qur’an dan pegetahuan tentang berzikir, berdo’a, shalat, shadaqah, melakukan perbuatan baik, serta amal yang membuahkan hasil yang bermanfaat.

Jangan bersedih. Janganlah andah menyerah kepada kesedihan karena terkulai oleh kekosongan dan kemalasan, tetapi shalatlah; bertasbilah; Bacalah; menulislah; dan berkaryalah. Sambutlah tamu; kujungi teman dan merenuglah.

“Berdo’alah kepadaku, niscaya akan kukabulkan,” (QS.40:60)

“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dengan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas”. (QS.7:55)

“Sembahlah Allah dengan memurnikan ibadah hanya kepada-Nya”. (QS.40:41)

“ Katakanlah : Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, dia mempunyai al-asmaul husna (nama-nama yang terbaik) (QS.17:110)

Laa Tahzan  Dr. Aidh Al-Qorni

Iklan

Satu Tanggapan to “JANGANLAH BERSEDIH KARENA KESULITAN”

  1. idho said

    Menyerah dengan nasib adalah kebodohan….

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: